KEJUJURAN

Kejujuran (honestly) adalah sesuatu yang sangat substansi pada diri seseorang.

Rasulullah SAW berkata : inna arrajuulu yashduqu hatta yu’taba shidiiqan wa yukdzibu hatta yu’taba kaddzaban. Sesungguhnya seseorang yang senantiasa berkata benar maka ia akan ditulis (ditetapkan) sebagai seorang yang berkata benar. Dan jika ia sekali berdusta maka ia akan ditetapkan sebagai seorang pendusta. (HR. Muslim).

Maka betapa pentingnya sebuah kejujuran. Kejujuran berarti menunjukkan integritas atau kebutuhan serta kehormatan diri seseorang. Seseorang yang jujur, pastilah ia seseorang yang takut kepada Allah pastilah ia seorang yang memiliki keimanan yang dalam.

Mengapa demikian??? Sebab berdusta memiliki efek domino yang sangat hebat dalam merusak jiwa seseorang. Kalau seseroang berdusta berarti ia tidak menghormati dirinya sendiri, orang lain dan juga mengabaikan penglihatan Allah yang meliputi hingga lintasan hati. Dusta adalah seperti penyakit kanker yang jika tidak diberantas hingga akar-akarnya, ia akan terus menyebar. Sekali berdusta akan menimbulkan kedustaan-kedustaan berikutnya. Maka jujurlah!!!

Jujurlah kepada diri sendiri, jika kita memang memiliki kekurangan-kekurangan, akuilah. Jika kita memiliki lintasan-lintasan buruk tentang diri kita sendiri, akuilah. Maka dengan demikian kita sedang belajar untuk menerima diri kita dan kemudian untuk berproses menuju pribadi yang lebih baik.

Jujurlah kepada orang lain, jika kita menutup-nutupi kekurangan kita dihadapan orang lain, maka ketenangan mustahil kita dapatkan. Sebab setiap saat kita perlu mengenakan topeng yang bukan milik kita. Kita selalu mencari alasan-alasan untuk menutup-nutupi kekurangan-kekurangan kita. Ketahuilah, bahwa seseorang dinyatakan gagal adalah karena 99 % ia banyak mencari alasan-alasan.

Jujurlah kepada Allah, Dialah dzat yang mendengar lintasan hati kita. Jujur kepada Allah akan membantu kita untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan kita, sebab pertolongan Allah menyertai kita.

Maka selalulah sempatkan menengok pada hati kita maisng-masing. Sudahkah kita jujur??? Sudahkah kita mengakui kekurangan-kekurangan juta??? Apakah selama ini yang kita pakai adalah wajah kita yang sebenarnya???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: