Seberapa Sering Orang Berbohong


Benarkah wanita yang sudah menikah lebih sering dibandingkan wanita lajang?

Anda mau tahu seberapa sering seseorang melakukan kebohongan? Peneliti dari Swiss melakukan penelitian selama bertahun-tahun untuk mengetahui seberapa sering orang berbohong dalam percakapan sehari-hari.

Hasil penelitian menunjukkan, dalam kehidupan sehari-hari terdapat sedikit kejujuran dan penuh kebohongan, kemunafikan dan distorsi realitas.

Secara khusus, dalam jajak pendapat yang dilakukan pada orang Eropa menunjukkan bahwa orang yang sudah menikah lebih sering berbohong (56 persen) dibandingkan dengan yang masih lajang (33 persen).

Lalu orang yang berpendidikan tinggi lebih curang daripada orang berpendidikan rendah (74 orang melawan 36 persen) dan orang kaya juga lebih sering berbohong dibandingkan masyarakat miskin (67 persen melawan 29 persen). Ironisnya, orang berpendidikan tinggi adalah pembohong yang paling andal.

Kaum wanita ternyata lebih sering berbohong untuk membuat sesuatu tampak lebih dramatis (28 persen) dibandingkan dengan pria (13 persen). Di sisi lain, pria lebih sering berbohong untuk keuntungan pribadi (36 persen) dibandingkan dengan wanita (24 persen).

Menurut para ilmuwan, berbohong digunakan oleh pria dan wanita  dan presentasenya sama yaitu 32 persen dan 31 persen. Hasil penelitian yang dikutip dari Genius Beauty ini di publikasi dalam The Psychological Science. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: