Efek Positif Putus Cinta


Anda cukup beruntung bila pernah merasakan pengalaman putus cinta.

Tidak selamanya putus cinta berdampak negatif. Penelitian terhadap 92 mahasiswa pada 2003 menunjukkan bahwa orang dengan berbagai tipe kepribadian yang pernah mengalami putus cinta akan tumbuh lebih percaya diri dan memiliki pemahaman lebih baik atas keinginan pasangannya.

“Setelah hubungan berakhir, tidak perlu lagi mencari alasan mengapa kita harus berhubungan dengan orang tersebut. Pengalaman putus cinta memungkinkan kita melihat hubungan secara lebih jelas,” kata Kepala Peneliti dari University of Minnesota, Amerika Serikat, Ty Tashiro, seperti dikutip dari She Knows.

Universitas Northwestern di Amerika Serikat juga mempublikasikan bahwa pascaputus, seseorang akan mengalami kebingungan. Tetapi hal ini bukan hal buruk. ‚ÄúPerubahan spesifik dalam hal ‘siapa jodoh saya’, pada suatu level menjadi hal positif,” kata salah satu peneliti, Erica Slotter.

Putus cinta seringkali membuat orang beranjak dari mencari hal baru. Orang biasanya akan memiliki lebih banyak waktu untuk berpikir, dan mencoba mencari jalan untuk menjadi pribadi yang lebih baik. “Hal ini sangat sehat baik secara fisik maupun mental,” Christopher Fagundes, Ph.D., peneliti dari Departemen Psikologi University of Utah, Amerika Serikat, menambahkan.

Saat putus memang muncul perasaan sedih, kecewa dan marah yang sangat memuncak. Tetapi sesudahnya bisa membuat seseorang menjadi lebih tenang. Bukan hanya itu, putus akan “memaksa” seseorang untuk mencari kegiatan dan rutinitas baru. Hal ini membuka kesempatan untuk bertemu kenalan baru dan mendapatkan pengalaman baru yang bisa meningkatkan kualitas pribadi.

Jadi, putus cinta tak selamanya berdampak buruk.

3 Tanggapan to “Efek Positif Putus Cinta”

  1. (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    Kebetulan saya juga pernah putus cinta berkali-kali, sampai kerasa biasa.
    Hehehehehe

  2. Myra Ksszing Says:

    Saya sgt cdey krne baru putus cinta..org tuw dhlh sy sgt2 syg..ttpi terpkse kitorng putus.. ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: