Apa Warna Terindah untuk Cinta Anda???


warna cinta

Banyak di antara kita yang menunggu cinta mengunjunginya. Siapa di antara kita yang tidak ingin cinta datang ke dalam hatinya? Siapa di antara kita yang tidak ingin suatu hari cinta berbunga di dalam hatinya? Akan tetapi, apakah semua orang sepakat akan makna cinta???

Ada sebagian orang yang sama sekali tidak pernah memikirkan untuk mencari cinta, apalagi untuk mengenalnya. CInta bagi mereka bukan untuk dipikirkan, tetapi untuk diselami dengan mudah.

Demikianlah setiap manusia menghidupkan cinta dengan caranya sendiri yang sempit, bahkan menyimpang. Dia tidak berusaha sedikit pun untuk mempelajari cinta. Dia hanya ingin hidup dalam cinta dan mencintai, tetapi tidak ingin mempelajari seni cinta. Dia terus berada dalam cinta dengan cara yang dia pelajari dan dia ketahui, padahal cara itu tidak benar dan buruk.

Ada juga orang yang mengartikan cinta seperti sebuah ide romantis yang sia-sia. Dia berkata bahwa cinta adalah kebiasaan, bahkan tidak ada cinta sama sekali. Yang ada hanya perhatian sebagian orang terhadap orang lain dengan adanya sesuatu yang dinamakan cinta.

Ada juga yang berkata : “Cinta adalah segalanya.” Seorang yang romantis melihat bahwa cinta adalah bak seberkas sinar di kedua mata seorang pemudi di malam musim panas, dan pandangan pertama adalah yang menciptakan perasaan itu dengan daya tarik khusus yang disebut dengan cinta.

Ada juga sebagian orang yang memahami cinta secara kebatinan. Mereka berkata dengan penuh keyakinan : “Sesungguhnya Allah adalah cinta.” Sebagian lainnya berkata sesuai dengan spesialisasi mereka : “Cinta adalah hubungan kasih sayang yang kuat dengan orang lain.” Ada juga yang menggambarkan bahwa cinta itu hanya perasaan sesaat, perasaan yang hadir dengan sebab rangsangan.

DEfinisi-denifisi di atas mungkin menyentuh cinta, tetapi tidak mendefinisikannya secara lengkap dan sempurna. DEfinisi-definisi di atas hanya berupa kata-kata yang membiaskan perasaan pribadi orang yang mendefinisikannya dan membiaskan salah satu sisi pengalaman pribadinya.

Kata-kata –sekalipun tingkat tinggi– tetap tidak dapat menggambarkan cahaya, kecuali dengan mengatakan bahwa cahaya itu adalah cahaya; tidak dapat menggambarkan kerinduan, kecuali dengan mengatakan bahwa kerinduan itu adalah kerinduan. Jalaluddin Ar-Rumi pernah mengilustrasikan hal ini. Dia berkata : “Apakah dapat mencium wangi bunga mawar dari huruf m, a, w, a, dan r, huruf-huruf yang menjadikan kata mawar?”

Rahasia cinta yang terpendam dan maknanya yang tersembunyi tidak dapat diketahui, kecuali oleh orang yang bereaksi dengan cinta dan hidup bersamanya, dan cinta itu memenuhi anggota tubuh juga perasaannya.

Kata-kata tidak akan mungkin dapat mengungkapkan tentang cinta dan tidak akan mungkin dapat menjelaskan hakikatnya. Tidak ada yang dapat mengenal kerinduan, kecuali orang yang merindu; dan tidak ada yang dapat mengenal kasmaran, kecuali orang yang kasmaran.

Oleh karena itu, pemikiran yang menegaskan bahwa hanya ada satu definisi cinta yang benar, hanya ada satu gambaran yang disepakati atau hanya ada satu jenis cinta, yaitu cinta itu adalah tipuan besar, maka sesungguhnya pendapat itu sangat keliru, sebab banyak dan banyak sekali definisi cinta yang seluruhnya benar. Selanjutnya, ada begitu banyak gambaran tentang cinta yang benar.

Ibnul Qayyim berkata tentang cinta : “Hakikatnya tidak akan dapat diketahui, kecuali dengan merasakannya dan mengalaminya. Ada perbedaan antara merasakan dan mengalami, dan antara menggambarkan dan mengetahui. Definisi dan tulisan tentang cinta adalah benar, namun tidak mencakup hakikatnya. Itu semua hanya merupakan isyarat, tanda, dan rambu saja.”

Satu Tanggapan to “Apa Warna Terindah untuk Cinta Anda???”

  1. Wonderful site and theme, would really like to see a bit more content though!
    Great post all around, added your XML feed! Love this theme, too!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: