Panjang Angan-angan Mengeraskan Hati


Panjang angan-angan (thulul ‘amal) juga salah satu penyakit hati lainnya. Dalam hal ini, sayyidina Ali, r.a. berkata “Sesungguhnya yang sangat aku takutkan untuk kamu ada dua hal. Pertama, perasaan masih jauh akan mati. Dan kedua, tunduk kepada nafsu. INgatlah bahwa thulul ‘amal itu akan melupakan akhirat, dan tunduk kepada nafsu akan menyimpangkan orang dari kebenaran. Sedangkan pikiran dan urusanmu yang kau pandang besar hanyalah cerita-cerita mengenai dunia, sebab-sebab kehidupan, tentang pergaulan dengan makhluk dan hal itu membuat hati menjadi keras. Padahal lunaknya dan jernihnya hati ialah dengan mengingat maut dan kubur, mengingat ganjaran dan siksaan, dan hal ihwal akhirat. Jika tidak demikian bagaimana hatimu akan menjadi lunak dan jernih.” Memperteguh kenyataan ini, al-qur’an, surat al-Hadid bertutur : “Panjangnya angan-angan mereka, maka keraslah hati mereka.”

4 Tanggapan to “Panjang Angan-angan Mengeraskan Hati”

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Jadi ingat pesen kakek saya. Mempunyai cita-cita yang tinggi itu musti, tetapi kalau hanya sekedar angan-angan yang terlalu tinggi, jangan!
    Cita-cita membutuhkan usaha yang keras tapi angan-angan cukup tiduran di atas kasur…

  2. Akhirnya bisa juga BW nih…
    dah lama banget ga berkunjung n mapir ke rumah saudara2 nih…

    ternyata lama ga berkunjung, aku ketinggalan nih sama kalian…
    maklum gi banyak banget kerjaan n kesibukan, jadinya jarang banget deh mw BW..

    sekarang sih dah bisa BWan tiap hari, sekaligus nyambung silaturahmi lagi nih, dah lama ga ngobrol n nyoret2 di blog orang, kangen banget rasanya hehehe…

    nyambung tali silaturahmi sekalian promo usaha baru nih…
    yah usaha kecil2an sih, cuma bisa mendapatkan keutungan yg lumayan besar juga sih ;))

    salam kenal

    bisnis oriflame online

  3. Artinya kita ngga boleh menghayal terlalu tinggi ?

  4. nashrullah as syahied Says:

    kalau kita mau barmimpi maka janganlah hanya diam Allah swt dalam ayat nya pernah berkata “aku tidak akan merubah nasib suatu kaum jk kaum itu tak mau mengubahnya “

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: