Hasrat Ingin Tahu Manusia


Ilmu pengetahuan berawal pada kekaguman manusia akan alam yang didiaminya dan dihadapinya, baik alam besar maupun alam kecil. Manusia sebagai makhluk yang dapat berfikir, karena memang dikaruniai akal pikiran sehingga mereka memiliki hasrat ingin tahu. Sifat ingin tahu manusia telah dapat disaksikan sejak manusia masih kanak-kanak.

Pertanyaan-pertanyaan seperti “ini apa?”, “itu apa?” telah keluar dari mulut kanak-kanak. Kemudian menyusul pertanyaan-pertanyaan “mengapa begini?”, “mengapa begitu?”, dan selanjutnya berkembang menjadi pertanyaan-pertanyaan semacam “bagaimana hal itu terjadi?”, “bagaimana memecahkannya?”, dan sebagainya. Bentuk-bentuk pertanyaan seperti ini telah diketemukan sepanjang sejarah manusia. Manusia berusaha mencari jawaban atas berbagai pertanyaan itu, dari dorongan ingin tahu hal yang dipertanyakannya. Di dalam sejarah perkembangan pikir manusia ternyata yang dikejar itu esensi atau hakikatnya adalah pengetahuan yang benar atau secara singkat disebut kebenaran.

Hasrat ingin tahu manusia akan terpuaskan kalau dia memperoleh pengetahuan mengenai hal yang dipertanyakannya. Dan pengetahuan yang diinginkannya adalah pengetahuan yang benar.

Rasa ingin tahu manusia merupakan produksi otak khas manusia. Otak manusia mempunyai kemampuan untuk menerima, mengorganisasikan dan menyimpan data, lebih besar dari sekedar kemampuan mempertahankan hidup saja. Jika kemampuan dan kapasitas otak manusia hanya dipakai untuk mempertahankan hidup saja, mencari sesuap nasi, manusia akan mengalami rasa tidak enak. Bila situasi ini terus berlanjut, disadari atau tidak, manusia akan mengalami kekacauan organisasi mental.

Oleh karena itu, manusia normal selalu terangsang untuk memanfaatkan dan memaksimalkan otaknya, ia harus selalu mencari informasi supaya penghuni utama batok kepala ini dapat bekerja sebagaimana mestinya, yaitu menerima informasi, kemudian menyimpan informasi itu, setelah itu mengolah informasi itu dan selanjutnya informasi itu disampaikan kembali dengan bahasa yang lebih argumentatif.

52 Tanggapan to “Hasrat Ingin Tahu Manusia”

  1. backpackerman Says:

    pertamax duluuuu

  2. backpackerman Says:

    manusiawi sekali..
    tapi kadang rasa keingin tauan juga dapet menyesatkan kita…

  3. Hmm..
    Dgn adanya keingintahuan..
    Maka manusia semakin berkembang..
    Tapi salah sedikit saja..
    Malah bisa memusnahkan keberadaan..
    Manusia di masa depan..
    Begitu ya ce..
    Hehehe..
    Met knal ya ce..😀

  4. itulah yang harus dipertahankan…selama ada hasrat ingin tahu, ilmu akan selalu berkembang…
    kan memang tugas manusia untuk belajar…memanfaatkan otak bukan hanya sebagai pengisi volume dalam batok kepala…

  5. sore sahabat………..
    blue datang yang ke tiga……..hehehe nggak blue banget ya kalau gini
    wah dapat menyerap postinganmu duhai pemilik blog sahabatku……..
    trims telah membuat postingan seperti demikian
    salam hangat selalu

  6. Keduaxx…..

    Rasa ingin tahu yang kemudian ditindak lanjuti dengan penggunaan akal untuk memecahkan masalah tersebut, adalah perbedaan mendasar kita dengan hewan.

    Salam, kojeng.🙂

  7. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku

  8. Dan Celakalaaah kalau kita beribadah hanya sampai kepada otak saja.. tiada menyentuh hati..
    Salam Sayang

  9. rasa ingin tahu yang didasari dengan otak dan hati, itulah yang membuat manusia menjadi berarti.

    salam sayang

  10. wah KangBoed selalu bikin blue senag karena menyampaikan salam damainya…..heheh
    salam hangat selalu

  11. nicee, , , , , , , ,😀

  12. Kurotsuchi Says:

    rasa penasaran, dan keterbatasan yang dimiliki itulah pemicu dari progress kapasitas manusia dalam berilmu, berteknologi dan berbudaya yang terus berkembang, bu…

    dan saya salut sama mereka yang bisa menjawab rasa penasaran dan segala bentuk tanya dalam diri mereka dengan melakukan inovasi yang merambah hal-hal baru yang bermanfaat bagi yang lainnya…

  13. Ya begitulah manusia selalu saja mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi
    Gak anak kecillah
    Gak remaja, gak tua.. semua memiliki sifat dasar yg sama

    Btw blognya keren, dari design & tulisannya. .

    Seneng sekali berkunjung kesini lagi😀 oya mbak linknya dah saya pasang😀

  14. guud artikel.. jadi lebih mengenal apa yg ada di diri kita..

  15. Ditambah lagi protein dan DHA, merangsang respons otak dan saraf2 motorik… untuk lebih cepat belajar..

  16. memang begitu ya mbak?
    saya baru tahu..
    makasih mbak.

  17. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku tersayang
    hehehe.. biasanya rajin sekarang kok belum apdeeettt yaaa

  18. salam kenal mbak…

    memang manusia itu nafsunya gak ada habisnya….pertnyaan dari mulai apa ini itu, bagaimana, mengapa, hubungannya apa, dsb…hingga yg paling puncak yaitu siapa aku? aku ini ada atau tidak….? mengapa aku ada? bagaimana kalau tidak ada?

  19. Ya manusia ya manusia ya manusia, selalu bersyukur ya, ^_^…V

  20. manusia memang selalu pengen tau aja ya…………
    contohnya ibu-ibu rumah tangga yang suka bergosip, pengen tau aja urusan orang lain. hahaha

  21. Selamat malam dan salam kenal…

    Numpang baca-baca ya…

    Salam KBM

  22. aku suka kamu menyampaikan postinganmu yang selalu ada nilai pengetahuannya tidak seperti blue heheh………….hebat kamu sahabat
    salam hangat selalu

  23. Sangat bijak orangtua yang selalu melayani pertanyaan anak-anaknya dengan baik. Soalnya ada juga yang bentak-bentak anaknya yang banyak bertanya. Anak harus mendapat hak-haknya secara wajar juga kan.

    Salam hangat dari pakde di Surabaya

    • Bener kang, mudah2an kelak jika aku dah jadi orang tua, bisa jadi orang tua yg bijak, pengertian amiiennn…xixixixi…

      Salam hangat 2

  24. Gunakan juga emosi dalam jiwa, lakukan apa yang tidak kita sukai, tetep semangat, mudah2n berhasil, ^_^…V

  25. tukeran link mbak, link sudah saya pasang

  26. komengna.. jatuh meluruk ke bawah

    waaakaakakaakak

  27. Dari keingin-tahuan itulah… akan tercipta sesuatu
    lumrah dunk
    alamiah
    That’s human sense.
    Salam hanyat
    C.U

  28. Apa jadinya jika manusia hanya menggunakan otaknya untuk bertahan hidup selain merasa tidak enak ? … pertanyaan yang timbul karena hasrat ingin tahu .. ^_^
    Rasa ingin tahu rasanya sah2 saja, selama rasa ingin tahu itu tidak mengganggu orang, seperti rasa ingin tahu hidup orang .. alias gosip2 .. hehehe ..

    Iklan Gratis

  29. HAlo yanti,,apakbr,,salam knl ya,,fb nya apa.? add aku ya di miggo_3@yahoo.com.
    thank’s b4

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: