Tingkah Bumi dan Kubur


Dan terdapat dalam hadits bahwasanya kubur setiap hari senantiasa memanggil tiga kali : Aku adalah rumah tempat sendirian dan tempat kegelisahan dan tempatnya kalajengking dan ular, Aku adalah rumah yang gelap gulita, dan Aku adalah rumah ulat. Apakah yang engkau persiapkan untukku?

Dan ada dikatakan : Sesungguhnya kubur itu setiap hari memanggil-manggil lima kali. Ia berkata : Aku adalah rumah kesendirian maka usahakanlah teman yang menyenangkan untukmu, yaitu membaca Al-Qur’an. Aku adalah rumah yang gelap, maka terangilah aku dengan shalat malam. Aku adalah rumah tanah, maka engkau bawalah tikar, yaitu amal shalih. Aku adalah rumah ular, maka bawalah penawarnya, yaitu Bismillaahir-Rohmaanir-Rohim dan mencurahkan air mata. Aku adalah rumah pertanyaan malaikat Munkar dan Nakir, maka engkau perbanyaklah di atas punggungku ucapan : Laaillaaha illallah Muhammadurrosulullah, agar supaya engkau dapat mudah untuk menjawabnya.

8 Tanggapan to “Tingkah Bumi dan Kubur”

  1. duuuh… di alam kubur… gelap… sendiri… berteman cacing dan mahluk tanah lainnya…

  2. JAdi tatuuut, banyak dosa.
    terimakasih rohaniku tersiram🙂
    Salam kenal

  3. Al akh saiful Says:

    Assalamu’alaikum…
    Barakallahu fiik.
    Ukhti, saya memiliki&tlh membaca kitab ini, namun hadits2 ddlmnya tdk trcantum riwayat&derajat sanad yg shohih. Sedangkan permasalahan yg dbhs adlh mslh aqidah, butuh kpd dalil yg shohih. Saya memperhatikan tulisan2 anti sebelum2nya sgt bagus dgn mencantumkan periwayat& sanad.
    Hanya saja dlm blog ini masih ada syair2 nyanyian yg membuat hati mjd lemah.
    Afwan..

  4. berhubung banyak dosa… sy mo diem aja
    gk komen apa2 deh..

  5. KangBoed Says:

    hmm.. TIKET.. sapa mau TIKET.. yayaya.. LAA HWALLA WALLA QUWATA.. murnikanlah dengan kesungguhan.. sampai tumbuhlah POHON CINTA.. NUR IMAN.. BAYI RUhANI.. hmm.. RAWAT baik baik agar bertumbuh dan terus bertumbuh
    Salam Sayang

  6. syukran, bisa menjadi bahan pengingat agar kita tidak terlalu terlena dg dunia dan melupakan bekal menuju akhirat.

  7. nidauljannah Says:

    Assalamu’alaikum
    salam ukhuwah

    Semoga apa yang kita usahakan (berda’wah) melalui media ini dibalas oleh Allah dengan sebaik2 balasan dan bisa bermanfaat bagi banyak orang.

    Afwan ukti ada sedikit saran dari sya,mungkin betul kata akh saiful, sebaiknya kalo kita membicarakan tentang hadist tlng dicantumkan sanadnya dan perawi hadistnya, sya jg baru kali ini dengar hadist yg bunyinya seperti itu.

    klo ukhti mau mencari referensi agama (Ebook Al-Qur’an, Kitab2 Hadist, Fiqih2, mp3 Tausiyah2, Kumpulan Murottal) silakan berkunjung di

    http://nidauljannah.wordpress.com/

    semoga apa yng ada didalamnya bisa menberikan banyak manfaat bagi khti dan teman2 lain dan semoga dengan silaturahmi ini bisa mempererat tali ukhuwah kita.
    Afwan bila ada salah kata

    Jazzakallah khairaan katsiira

    • @Nidauljannah
      Wa’alaikum salam…
      amiien…semua yg ada d page ‘mengingat surga dan neraka’ tsb adalah sebagian isi dr kitab Daqoiqul Akhbar, monggo di cek piyambak ^^

      matur tengkyu…

      salam sayank

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: