Penyebab Kerasnya Hati Manusia


Seorang salaf berkata : “Tidak ada seorang hamba, kecuali ia mempunyai dua mata di wajahnya untuk memandang seluruh urusan dunia dan mempunyai dua mata hati untuk melihat seluruh perkara akhirat. Jika Allah menghendaki kebaikan seorang hamba, maka Dia membuka kedua mata hatinya dan jika Dia menghendaki selain itu, maka Dia biarkan si hamba sedemikian rupa (tidak mampu melihat dengan mata hati).”

Urusan dunia akan semakin rumit, bila terjadi hal-hal demikian :

* Lalai

Lalai merupakan penyakit yang berbahaya apabila telah terlanjur di dalam hati dan bersarang di dalam jiwa. Karena akan berakibat pada anggota badan saling mendukung untuk menutup pintu hidayah, sehingga hati akhirnya menjadi terkunci. Allah memberitahukan, bahwa orang lalai adalah mereka yang memiliki hati yang keras membatu, tidak mau lembut dan lunak, tidak mempan dengan berbagai nasihat. Mereka punya mata tapi tidak dapat melihat kebenaran setiap perkara, tidak mampu membedakan antara yang bermanfaat dan membahayakan.

* Kawan yang buruk

Ini juga merupakan salah satu sebab terbesar yang mempengaruhi kerasnya hati seseorang. Orang yang hidupnya di tengah gelombang kemaksiatan dan kemungkaran, bergaul dengan manusia yang banyak berkubang dalam dosa, banyak bergurau dan tertawa tanpa batas, maka sangat memungkinkan akan terpengaruh kondisi tersebut.

* Terbiasa dengan kemaksiatan dan kemungkaran

Dosa merupakan penghalang seseorang untuk sampai kepada Allah. Ia merupakan pembegal perjalanan menuju kepada-Nya, serta membalikkan arah perjalanan yang lurus. Kemaksiatan meskipun kecil, terkadang memicu terjadinya bentuk kemaksiatan lain yang lebih besar dari yang pertama, sehingga semakin hari makin terpuruk tanpa terasa. Dianggapnya hal itu biasa-biasa aja, padahal satu persatu kemaksiatan tersebut masuk ke dalam hati, sehingga menjadi sebuah ketergantungan yang amat berat untuk dilepaskan. Maka melemahlah kebesaran dan keagungan Allah di dalam hati.

* Melupakan maut, sakarat, kubur dan kedahsyatannya

Termasuk seluruh perkara akhirat baik berupa adzab, nikmat, timbangan amal, mahsyar, shirat, surga dan neraka. Bila semua hal itu telah dilupakan dalam hati manusia, maka akan tampaklah kekerasan hati manusia untuk mendapatkan nasihat.

* Melakukan hal-hal yang dapat merusak hati

Kekerasan hati manusia berpangkal pada lima hal, yaitu : banyak bergaul dengan sembarang orang, panjang angan-angan, bergantung pada selain Allah, berlebihan makan dan tidur.

4 Tanggapan to “Penyebab Kerasnya Hati Manusia”

  1. bagus postingnya mba…
    btw, boleh saran? mohon judulnya diganti menjadi “Keras” dan jangan “Kekerasan”. karena maknanya beda mba. masa “Kekerasan Hati”. yang baik itu “Kerasnya Hati”😉

    salam,,
    lagi kunjungan dinas nih…😉

  2. oikkkk…uke de jeng Fadhil ^_^

    suwun yah atas sarannya…mantaaafffffff jayaaaaa….huehehehe ^^

  3. andik tatto Says:

    alhamdulilah atas penjelasan ini utk mempererat nilai tali silahturohmi amiin

  4. tia setiadin Says:

    ngambil dari kitab ta’lim muta’alim yua!? …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: