Etika Pergaulan


Kutipan Sejumlah Kiat Untuk Memperbanyak Sahabat/Teman

Kalau menciptakan musuh, mudah sekali. Tapi di dalam pergaulan, kalau kita bisa membawa diri dengan baik, kita bisa memiliki banyak teman. Secara tidak sengaja sering terjadi kita tidak sadar telah melakukan sejumlah kesalahan di dalam tata cara pergaulan. Mulanya kecil-kecil saja, akhirnya bertumpuk. Akibatnya tidak satupun yang mau berteman atau bersahabat dengan kita, menyedihkan sekali.

Langkah-langkah yang harus kita pelajari antara lain :

  1. Kita tidak/jangan menyombongkan diri dengan lawan bicara dan membangga-banggakan keadaan kita sendiri atau keluarga. Lawan bicara akan muak dan bosan untuk mendengarkan.

  2. Tidak perlu menyodorkan diri untuk memberi nasihat pada orang lain. Kita harus tahu batasan antara menolong dan mencampuri urusan orang lain, jadi kita harus pandai-pandai membawa diri.

  3. Kalau kita diminta bantuan dan kalau sekiranya kita mampu, kita harus membantu dan melakukannya, tidak ada salahnya. Siapa tahu kita juga suatu ketika butuh pertolongan orang lain.

  4. Kita harus saling menghormati dalam berbicara dengan orang lain. Kita tidak boleh memborong pembicaraan, yang lawan bicara kita tidak diberi kesempatan untuk berbicara, jadi seolah-olah menguasai percakapan. Ingat, kita juga harus menjadi pendengar yang baik.

  5. Hindari sikap sok tahu/sok pintar misalnya dalam pembicaraan, kalau lawan bicara kita bicara dengan bahasa asing jangan kita segan-segan untuk bertanya, tidak perlu dikatakan bodoh.

  6. Jangan suka kita berbohong. Sekali berbohong, selamanya teman tidak akan mempercayai lagi.

  7. Kalau mendapat undangan, sebaiknya kita datang. Kita tidak usah mengadakan perhitungan. Ciptakan rasa memberi dan menerima. Sehingga hubungan saling erat terjalin.

  8. Menutup rahasia. Kalau kita terlalu membuka rahasia, kita tidak dipercaya lagi.

  9. Pandai-pandai menempatkan diri, kita melihat situasi dan kondisi, dengan siapa kita bincang-bincang. Jaga sopan santun. Bila kita berhadapan dengan orang lain yang jauh lebih tua, bersikaplah hormat.

  10. Bersikaplah ramah dan rendah hati, lain dengan rendah diri. Jangan bersikap sombong, angkuh, mau menang sendiri. Hindari perkataan yang menyinggung perasaan yang menimbulkan sakit hati. Kita tidak ingin disakiti bukan?

  11. Jangan lupa menyunggingkan senyum, karena senyum sebagian dari ibadah.

3 Tanggapan to “Etika Pergaulan”

  1. herrysta Says:

    postingan bagus…manfaat ni untuk nambah ilmu

  2. Thanks Atas Motivasinya
    salam Kenal !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: