Perkataan Yang Bukan Urusanmu….


Menurut pendapat Al-Ghozali, bahwa perkataan yang bukan menjadi urusanmu ialah jika ia berbicara dengan suatu perkataan yang seandainya engkau tidak membicarakannya, maka engkau tidak akan berdosa dan tidak membahayakan pada saat itu dan saat yang akan datang.

Contohnya, jika engkau duduk bersama satu kaum kemudian menceritakan kepada mereka tentang perjalanan yang kamu alami dan apa-apa yang kamu saksikan berupa gunung-gunung dan sungai-sungai, makanan lezat yang disantap dan pakaian bagus yang dikenakan. Kalau saja kamu tidak menceritakan semua itu, tentu kamu tidak akan berdosa dan tidak membahayakan diri. Dan jika kamu benar dan tidak melebih-lebihkan atau mengurangi dalam bercerita, tidak mencela atau mengagumi dengan sungguh, namun sekalipun demikian berarti kamu telah menyia-nyiakan waktu. Maka kamu pun tidak terbebas dari hal-hal buruh yang diakibatkan oleh ceritamu itu.

Secara umum, jika menanyakan sesuatu yang bukan urusanmu, maka hanya dengan bertanya saja kamu telah membuang-buang waktumu dan kamu pun telah menyeret temanmu kepada perbuatan menyia-nyiakan waktu dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan itu.

Oleh karena itu, hendaklah engkau tidak membicarakan sesuatu yang bukan urusanmu dan ketahuilah bahwa hal itu mudah dilakukan.

Membicarakan sesuatu yang bukan urusan kita sangat menyia-nyiakan waktu, karena waktu adalah modal utama bagi seorang Muslim, dan seharusnya dia dapat menggunakannya untuk berdzikir kepada Allah. Membicarakan sesuatu yang bukan urusan kita dapat membahayakan pada diri kita.

Rasulullah pernah bersabda : “Barang siapa diam, maka dia akan selamat“.

Rasulullah pernah bersabda pula :

Diantara yang menunjukkan baiknya keislaman seseorang adalah ia dapat meninggalkan sesuatu yang bukan menjadi urusannya“.

Dengan begitu, hendaklah berpikir jernih sebelum kita mengucapkan sesuatu, jika ucapan itu tidak akan membawa kebaikan, maka tahanlah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: