Tahun Gajah


Kedudukan Makkah dengan status rumah suci yang sedemikian rupa telah menyebabkan beberapa daerah yang jauh juga membuat rumah-rumah ibadah sendiri. Tujuan mengalihkan perhatian orang-orang dari Makkah menuju ke rumah suci yang mereka dirikan.

Untuk maksud itu, maka Abrahah mendirikan sebuah katedral besar disana yang dibuat dari barang-barang mewah, pualam dibawa dari peninggalan istana ratu Saba’ salib-salib dari emas dan perak serta mimbar dari gading dan kayu hitam dengan harapan dapat mengalahkan Makkah sebagai pusat ziarah semua orang Arab, termasuk penduduk Makkah sendiri harus dipusatkan ke Yaman. Kepada atasannya, raja Nejus di Abisinia ia melaporkan bahwa apa yang dikerjakannya itu tak ada taranya. Dan tidak pernah dilakukan seorang raja pun untuk mengalihkan pusat peribadatan orang-orang Arab ke tempat-tempat ibadah yang mereka buat.

Akan tetapi setelah ternyata tujuan kabilah-kabilah Arab hanya rumah purba itu juga, dan ada orang Yaman sendiri pun meninggalkan rumah yang dibangunnya itu serta menganggap ziarah mereka tidak sah kalau bukan ke Makkah. Sekarang tak ada jalan lain bagi penguasa nejus itu kecuali harus menghancurkan rumah Ibrahim dan Isma’il itu. Dengan pasukan yang besar didatangkan dari Abisinia, dia sudah mempersiapkan perang dan dia sendiri di depan sekali di atas seekor gajah besar bernama Mahmud. Perlawanan orang-orang Arab sempat mengganggu perjalanan pasukan Abrahah, tapi mereka hanyalah kerikil kecil dibandingkan dengan pasukan Abrahah. AKhirnya mereka pun sampai ke perbatasan kota Makkah.

Namun Allah mengirimkan pasukan, berupa burung Ababil yang membawa batu-batuan dari neraka untuk menghancurkan pasukan gajah pimpinan Abrahah, sehingga mereka hancur lebur bagaikan daun-daunan yang habis dimakan ulat.

Peristiwa ini pun diabadikan dalam Al-Qur’an, yaitu surat Al-Fiil, sehingga orang Arab menyebut tahun pada masa itu dengan sebutan Tahun Gajah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: