Dunia itu Fatamorgana


Banyak sekali ayat maupun hadits-hadits Nabi Muhammad, yang menyatakan tentang perbandingan antara keutamaan dan kenikmatan kehidupan akhirat dan kehidupan dunia, yang mana akan didapati betapa jauhnya kemuliaan diantara keduanya, bahkan tidak sedikit akan adanya celaan terhadap kehidupan dunia. Akan tetapi celaan tersebut tidaklah ditujukan kepada siang dan malamnya, bumi tempat dunia itu berbeda, lautan, sungai-sungai, hutan dan yang lainnya karena semua itu adalah nikmat Allah bagi hamba-hamba-Nya, tetapi celaan itu ditujukan kepada polah tingkah anak Adam dan penghuninya terhadapnya. Allah berfirman : “Ketahuilah sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan, senda gurau yang melalaikan, perhiasan, saling berbangga diri diantara kalian dan saling berlomba untuk memperbanyak anak” (QS. Al-hadid : 20).

Dunia itu hanyalah jalan menuju surga dan neraka, tempat manusia mengumpulkan perbekalan kehidupan pribadi, bertemu Allah SWT Sang Pencipta alam semesta, yang akan menilai dan menerima bekal tersebut serta mengganjarnya. Jika baik, maka nikmat surga yang akan ia dapatkan dan jika buruk, maka adzab yang pedihlah yang akan dirasakan.

Dunia sangat mirip dengan fatamorgana, orang yang kehausan menyangkanya sebagai air, padahal jika ia mendekatinya ia tidak mendapati sesuatu pun. Justru yang ia dapati adalah Allah dengan hisab-Nya dan sangat cepat hisab-Nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: