Bahasa Mencerminkan Peradaban


Dalam bahasa Inggris, kata yang mengandung arti cinta adalah LOVE. Kata ini merupakan sebuah kata baku yang pengertiannya tidak lebih dari hubungan kasih sayang antara pria dan wanita, dan tidak mengandung makna yang komprehensif untuk kata “cinta” itu sendiri. Kosakata tersebut tidak mencakup hubungan antara manusia dengan TUhan, hubungan antar sesama manusia secara umum (bukan antara laki2 dan perempuan saja), atau hubungan yang bersifat maknawi. Ketika orang Inggris ingin mengungkapkan perasaan sayangnya kepada seorang wanita, maka dia akan mengatakan : “I love her“. Sementara ketika ingin mengungkapkan perasaannya terhadap pekerjaan atau tanah airnya, maka dia akan menggunakan kosakata lain, yaitu “like“. Sebagai contoh, dia akan mengatakan : “I like my work” (Aku suka pada pekerjaanku). Demikian pula yang terjadi pada bahasa Perancis.

Ungkapan seperti ini mencerminkan konsep peradaban bangsa-bangsa tersebut dan memperkuat pandangan materialistis mereka terhadap kehidupan ini, pandangan yang muncul sebagai reaksi atas sejumlah doktrin keagamaan (non-Islam) yang pada awalnya sangat keberatan terhadap konsep pengagungan seks dan fisik, lalu pada tahap berikutnya ia menempatkan seks dan fisik itu di tempat yang hina, yaitu sebagai lawan dari ruh (jiwa) hingga muncullah pemikiran yang bertentangan dengan fitrah manusia dan lahirlah revolusi fisik (paham materialisme).

Sementara itu, di antara bahasa-bahasa yang ada di dunia ini, kami tidak menemukan satu kata pun yang lebih tepat dan lebih teliti dalam mengungkapkan arti “cinta” daripada kosakata yang bersifat komprehensif (maksudnya kata “al-hubb“). Sebab pengertian kosakata tersebut mencakup perasaan manusia secara umum dan tidak hanya terbatas pada pengertian dangkal, yaitu hanya sebatas hubungan fisik antara pria dan wanita. Meskipun hubungan antara pria dan wanita terkandung dalam kosakata tersebut, tetapi ia dibarengi dengan makna-makna lain yang menunjukkan kehangatan.

Satu Tanggapan to “Bahasa Mencerminkan Peradaban”

  1. *blogwalking* ^^

    kunjungi blog aku yua.,..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: