Ukuran Tentang Kualitas Akhlaq


Apa sich yang menjadi ukuran tentang kualitas akhlaq ? Apakah dilihat dari sholatnya, atau sikap kesehariannya. Soalnya orang pernah bilang jangan melihat seseorang itu dari sholatnya saja sebab ada orang yang rajin sholat tapi masih juga menyakiti orang lain atau bahkan cuek dengan alam sekitar. Jadi, gimana donk ukurannya?

Syakhsiyah Islam atau kepribadian Islam itu bisa distandarisasi berdasar dua sisi utama, yaitu internal dan eksternal. Kedua sisi penilaian standarisari kepribadian Islam ini sifatnya terpadu dan tidak bisa berdiri sendiri-sendiri. Dia ibarat dua mata logam dimana yang satu selalu mengiringi yang lainnya.

1. Internal

Dari sisi internal yang menjadi standart penilaian kepribadian muslim adalah :

a. Pola pikir atau fikrah

Pola pikir adalah kontrol pertama dari seorang muslim dan inti dari aqidah Islam. Seorang muslim hendaknya memiliki konsep dan pandangan bahwa Islam adalah sebuah manhajul hayah atau pedoman hidup. Islam itu bersifat syamil mutakamil menyangkut semua sisi dan aspek kehidupan. Islam adalah satu-satunya agama yang benar dan selain Islam itu batil. Islam adalah ukuran kebenaran setiap masalah baik pribadi, keluarga, masyarakat, ekonomi, politik, budaya, hukum dan lainnya.

b. Motivasi

Sosok pribadi muslim adalah orang yang setiap gerak gerik dan aktifitasnya berangkat dari motivasi ke-Islaman. Motivasi ini sedemikian kuat sehingga mampu mengalahkan segala jenis halangan dan tantangan. Juga motivasi ini mampu membangun jiwa yang siap untuk berkurban baik pikiran, waktu, harta maupun jiwa sekalipun.

c. Selera

Sosok pribadi muslim selalu memiliki selera yang Islami yang datang dari cita rasa bentukan dari sistem Islam. Cita rasa ini terbentuk dari hasil pemahaman atas syariat Islam yang benar dan shahih. Sehingga semua bentuk aktifitasnya secara psikologis selalu menyesuaikan diri dengan garis-garis Islam dan tujuan-tujuannya. Dan sebaliknya, segala yang berbau non Islam secara psikologis akan termuntahkan dengan sendirinya, karena tidak cocok dengan jiwa ke-Islam-an yang telah terbentuk dengan baik.

d. Sikap

Sosok pribadi muslim memiliki sikap yang selalu bercermin kepada aplikasi syariat Islam.

e. Aktifitas

Aktifitas selalu sesuai dengan garis-garis besar Islam yang berasaskan kepada nilai-nilai Ilahiyah. Aktifitas seorang muslim tidak pernah melanggar ketentuan syar`i, tidak pernah mendzalimi, merugikan, merusak, mencelakakan orang lain. Dan sebaliknya selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

2. Eksternal

a. Penampilan

Seorang muslim tidak berhenti pada konsep diri secara internal, tapi juga mengejawantah dalam bentuk penampilan. Dari segi fisik, penampilannya selalu mengacu kepada aturan Islam. Pakaian yang memenui syarat Islam, tata busana dan make up yang sesuai dan selaras dengan nafas Islam. Tata rumah pun tidak melanggar garis syariah dengan tidak memasukkan hal-hal yang mungkar di dalamnya seperti patung, gambar buruk, benda-benda musyrik dan seterusnya.

b. Gaya Hidup

Gaya hidup / life syle yang dijalankan tidak menjadi budak konsumen pola orang-orang kafir yang permisif dan hedonis. Sosok pribadi muslim tidak mungkin bergaul bercampur baur dengan wanita non mahram, kencan atau zina. Juga tidak minum khamar, narkoba, berjudi, maling, membungakan uang (riba) dan memakan harta yang haram. Juga tidak terpengaruh dengan pergaulan (seks) bebas. Pribadi muslim selalu terikat dengan nilai moral dan nilai Islami, menghormati orang tua, menolong yang kecil dan berlaku adil.

Jadi tidak mungkin membuat standar penilaian hanya semata-mata melihat gerakan shalat seseorang, karena bisa saja seseorang memiliki gerakan shalat yang kelihatan menarik dan bagus, tapi ada sisi lain yang tidak tercover dengan baik.

Memang seharusnya kebagusan shalat seseorang merupakan cerminan dari kebaikan kualitas ke-Islam-an seseorang. Tapi kebagusan shalat tidak dilihat dari gerakan fisik sepintas saja.

Wallahu a`lam bis-shawab..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: