Abu Bakar As-Shidiq, Orang Paling Berani


“Pada suatu hari salah seorang sahabat Rasululloh SAW yang utama, ALi bin Abi THalib, pernah berkhutbah di hadapan Kaum Muslimin. Dia bertanya, ‘Hai kaum Muslimin, menurut kalian, siapakah orang yang paling pemberani??'”

Jawab mereka, “Orang yang paling berani adalah engkau sendiri, hai Amirul Mukminin.”

Kata Ali, “Orang yang paling berani bukan aku tapi adalah Abu Bakar. Ketika kami membuatkan Nabi pondok di medan Badar, kami tanyakan siapakah yang berani menemani Rasululloh SAW dalam pondok itu dan menjaganya dari serangan kaum musyrik?? Tiada seorang pun yang bersedia melainkan Abu Bakar sendiri. Beliau menghunus pedangnya dihadapan Nabi untuk membunuh siapa saja yang mendekati pondok Nabi. Itulah orang yang paling berani.”

“Suatu hari pernah aku menyaksikan Nabi berjalan kaki di kota Mekkah. Datanglah seorang musyrik menghalau dan menyakiti beliau seraya berkata, ‘Apakah kamu menjadikan beberapa Tuhan menjadi satu Tuhan?’ Tidak ada seorang pun yang berani mendekat dan membela Nabi selain Abu Bakar. Beliau maju ke depan dan memukul mereka sambil berkata, ‘Apakah kamu hendak membunuh orang yang bertuhankan Allah?'”

Kemudian Ali berkata, “Adakah orang yang beriman dari kaum Firaun yang lebih baik daripada ABu Bakar?”

Semua jama’ah diam saja tidak ada yang menjawab. Jawan Ali selanjutnya, “Sesaat dengan Abu Bakar lebih baik daripada orang yang beriman dari kaum Firaun, karena orang yang beriman dari kaum Firaun hanya menyembunyikan imannya sedang Abu Bakar menyiarkan imannya.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: