Kiblat Ka’bah atau Jihatnya?????????


Tidaklah ada perbedaan paham antara kaum muslimin, bahwa menghadap kiblat itu wajib untuk sahnya sholat, hanya perbedaan paham tentang apakah yang wajib dihadapi itu. Ka’bah itu betul ataukah cukup menghadap jihat (arah yang menuju) ka’bah???

Cara Menghadap Kiblat :

  1. Orang yang berada di Mekkah dan mungkin baginya untuk menghadap ka’bah, wajib atasnya menghadap ka’bah sungguh.

  2. Orang yang berada di lingkungan Masjid Nabi di Madinah (Nabawi), wajib menurut pada mihrab (mimbar) masjid itu, sebab mihrab masjid itu ditentukan oleh wahyu, dengan sendiri tepat menghadap ka’bah.

  3. Orang yang jauh dari ka’bah, sah baginya menghadap ke jihat (arah menuju) ka’bah.

Adapun dalil yang menunjukkan hal tersebut (Arah kiblat menuju kab’ah)adalah :

a. Al-Qur’an Surat Al-Baqoroh ayat 144 :

Artinya : “Kami melihat wajahmu (Muhammad) sering menengadah ke langit, maka akan kami palingkan engkau ke kiblat yang engkau senangi. Maa hadapkanlah wajahmu ke arah masjidil haram. Dan dimana saja engkau berada, hadapkanlah wajahmu ke arah itu. Dan sesungguhnya orang-orang yang diberi itab (Taurat dan Injil) tahu, bahwa (pemindahan kiblat) itu adalah kebenaran dari Tuhan mereka. Dan Alloh tidak lengah terhadap apa yang mereka kerjakan.”

b. Hadits Ibnu Umar, yang artinya : dari Ibnu Umar, ketika orang banyak sholat shubuh di masjid Quba, tiba-tiba datang seseorang kepada mereka, kata orang itu, sesungguhnya telah diturunkan kepada Nabi pada malam ini Al-Qur’an dan Beliau disuruh menghadap kiblat, maka hendaklah kamu menghadapnya, ketika itu mereka menghadap ke Syam (kiblat lama), lantas mereka menghadap ke ka’bah.

c. Karena menghadap jihat itulah yang mungkin baginya dna dengan kemungkinan itulah terletak hukum wajib (harus yakin bahwa jihat itu menghadap ka’bah).

d. Mereka mengakui sah sholat orang-orang yang tersebut di bawah ini :

  1. Sholat orang yang barisannya panjang dan berlipat ganda dari lintang ka’bah (wilayah ka’bah).

  2. Sholat orang di atas bukit menghadap ke lapangan di atas ka’bah.

  3. Sholat orang di atas tanah yang rendah menghadap ke bawah dari ka’bah.

Boleh tidaknya menghadap kiblat (Alasan tidak menghadap kiblat) pada beberapa keadaan di bawah ini :

  1. Ketika sangat takut sehingga tak dapat tetap menghadap kiblat, umpamanya dalam peperangan. Sebagaimana firman Alloh dalam surat Al-Baqoroh ayat 239 :

    Artinya : “Jika kamu takut, maka bolehlah kamu sholat berjalan kaki atau berkendaraan”.

    Contoh : sholat khouf

    Menurut tafsir Ibnu Umar yang dimaksud dengan berjalan kaki atau berkendaraan adalah menghadap kiblat atau tidak menghadap kiblat.

  2. Orang yang dalam perjalanan di atas kendaraan, apabila sholat sunnah di atas kendaraannya itu, boleh menghadap ke arah tujuan perjalanannya, walaupun tidak menghadap kiblat sekalipun. Hanya diwajibkan menghadap kiblat sewaktu takbiratul ihram.

  3. Bila kiblat tidak diketahui, maka sebagaimana hadits yang artinya : “dari ‘Amir bin Rabi’ah : adalah kami bersama-sama Rasululloh pad amalam gelap gulita, kami tidak mengetahui dimana kiblat. Kami seholat menurut pendapat masing-masing. Setelah waktu shubuh kami beritahukan hal yang demikian kepada Nabi, maka ketika itu turunlah ayat (kemana saja kamu menghadap, maka disitulah arah yang disukai Alloh).”

2 Tanggapan to “Kiblat Ka’bah atau Jihatnya?????????”

  1. Bagai mana membedakan baik atau jahat ,jika membunuh manusia di halalkan islam

    • Islam itu lembut, bukan kekerasan…
      tergantung kita melihat sikon tersebut dari si2 mana dl, dalam Islam membunuh semut aja itu dosa apalagi membunuh sesama manusia? *pikir ndiri aja*

      Jika memang harus membunuh manusia itu pun pasti ada dasarnya kenapa harus dibunuh, g kok seenaknya asal bunuh, emange apaan asal maen todonk aja? -_-!

      Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: